Langkah-Langkah Melakukan Meditasi Sederhana

8 October 2017

 

Secara sederhana, meditasi bisa dipahami sebagai teknik yang digunakan untuk menenangkan pikiran yang resah dan mencegahnya agar tidak menghalangi pikiran atau gagasan tertentu. Meditasi merupakan alat yang alami untuk melemaskan pikiran sadar tanpa kehilangan kewaspadaan.

manfaat meditasi bagi kesehatan

Latihan Meditasi Sederhana

  1. Duduklah dengan nyaman dan lemaskan tubuh. Punggung tegak, letakkan tangan di atas pangkuan, lutut atau pegangan kursi (jika Anda duduk di kursi)
  2. Pejamkan mata Anda, bernafaslah secara teratur.
  3. Lemaskan tubuh mulai dari jari kaki hingga kepala.
  4. Saat bernafas, dalam hati katakan ‘satu’ atau kata positif lain, misal: tenang, damai, bahagia
  5. Tarik nafas.
  6. Ulangi langkah 2 dan 3 berkali-kali. Jika pikiran Anda terpecah, perlahan-lahan kumpulkan dan arahkan pada pernafasan dan ulangi lagi kata ‘satu’.
  7. Jika Anda telah siap untuk mengakhiri meditasi, lakukan dengan perlahan-lahan; buka mata Anda dan perlahan-lahan renggangkan dan pijat tungkai dan lengan Anda. Jangan pernah terburu-buru.

Meditasi baik dilakukan setiap hari, setidaknya sekali. Mulailah berlatih selama lima atau sepuluh menit, dan secara bertahap tingkatkan menjadi 20 menit per sesi. Ketika Anda mulai terbiasa, meditasi dapat menjadi obat penenang yang alami dan membantu Anda mengendalikan diri dalam menghadapi berbagai persoalan.

Baca juga:

Cara Melakukan Meditasi Sederhana

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *